Proposal Pembentukan Rumah Pintar “CAHAYA”

PROPOSAL PEMBENTUKAN RUMAH PINTAR “CAHAYA”
KOTA DEPOK PROVINSI JAWA BARAT
(Untuk Memenuhi Tugas Pendidikan Non Formal)


Disusun Oleh :
Jundi Alifuddin                       (K8413043)


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SOSIOLOGI ANTROPOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2015


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Menurut UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 13 Jalur pendidikan terdiri atas Pendidikan formal, non formal, dan informal. Jenjang pendidikan formal terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Kemudian pada pasal 26 disebutkan bahwa Pendidikan nonformal (Pendidikan Luar Sekolah) diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan/atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat. Pendidikan nonformal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional. Pendidikan nonformal meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja, pendidikan kesetaraan, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.
Pendidikan merupakan sebuah hal penting yang harus didapatkan oleh masyarakat terutama anak. Pembekalan terhadap pendidikan seyogyanya menjadi hal yang utama dan wajib didapatkan oleh anak untuk menjadi bekal masa depan. Dalam peraturan pemerintah sendiri sudah mencanangkan wajib belajar 12 tahun bagi setiap warga negara Indonesia. Pendidikan itu sendiri sebenarnya tidak hanya didapatkan di dalam kelas. Kegiatan-kegiatan pendidikan non formal menjadi salah satu cara untuk menambah, mengganti dan melengkapi setiap individu dalam mendapatkan haknya di bidang pendidikan
Masyarakat gemar belajar dapat terwujud apabila setiap warga masyarakat selalu mencari dan menemukan sesuatu yang baru dan bermakna, meningkatkan kemampuan, dan mengembangkan dan melalui kegiatan belajar. Kegiatan belajar telah menjadi kebutuhan hidup dan kebiasaan masyarakat. Kegiatan belajar yang dilakukan oleh setiap warga masyarakat tidak terbatas hanya untuk mengetahui atau belajar sesuatu (learning how to learn), tidak pula belajar hanya untuk, memecahkan masalah yang timbul dalam kehidupan (learning how to solve problems). Kegiatan belajar yang mereka lakukan terarah untuk kepentingan dan kemajuan kehidupannya (learning how to be), belajar untuk melakukan sesuatu (learning how to do), dan belajar untuk hidup bersama (learning how to live together). Masyarakat gemar belajar akan sekaligus menjadi prasyarat bagi tumbuhnyamasyarakat terdidik (educated society).
Satuan pendidikan Nonformal seperti PKBM, sanggar belajar, pondok pesantren, padepokan, dan penyelenggara kegiatan pendidikan lainnya seperti Rumah Pintar dan lain sebagainya mempunyai kapasitas dalam pengembangan pendidikan nonformal yang merupakan bagian penting dari program pembangunan pendidikan dan pembangunan masyarakat secara keseluruhan. Pendidikan nonformal merupakan usaha sadar yang disengaja untuk membantu masyarakat agar mereka dapat mengubah sikap dan prilaku membangun serta dapat menggunakan sikap dan prilaku tersebut dalam meningkatkan taraf hidupnya
Program-program pendidikan luar sekolah tentu menjadi sebuah wadah atau lembaga pendidikan yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus konsentrasi dalam upaya pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhan. oleh karena itu masyarakat kecamatan Cimanggis, Depok membentuk Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Rumah Pintar Cahaya. sebuah wadah pengembangan potensi terutama anak-anak yang ada di Kecamatan Cimanggis Depok.

Untuk Mendapatkan File lengkap Proposal Klik DISINI

Share this:

CONVERSATION

3 komentar:

  1. terima kasih..

    sangat menginspirasi...

    BalasHapus
  2. Sangat inspiratif mendorong saya dan teman2 juga melakukan hal yang sama dalam membangun anak Indonesia yang aktif,kreatif dan inovatif namun saya lebih banyak belajar dari anda semoga kita bisa saling berbagi pengalaman yang bisa mendorong saya dan teman2 lebih kreatif.

    BalasHapus
  3. terimakasih banyak ilmunya, izin download untuk model Rumah Belajar yang akan saya bentuk

    BalasHapus