Review film : Monster Inc (Mike si mental baja)

Mungkin bagi orang yang senang menonton film-film kartun mengenal nama ini. mike wazowski, karakter utama dalam film monster inc dan monster universty. Jika mendengar kata monster pastilah kita membayangkan hal-hal yang seram, sangat menakutkan, sampai-sampai anak kecil tidak ingin saat ia tertidur memimpikan monster datang dan menakutinya. Tapi ini sedikit berbeda, mike wozowski dibentuk jauh dari kata seram, bahkan satu kata yang mungkin muncul dalam mulutmu ketika melihat monster ini adalah lucu.bentuk bulat kecil berwana hijau, dengan mata satu, tidak mempunyai hidung dan bahkan sebagai monster dia tidak memiliki taring. Kalo simpelnya ia adalah monster bola voli hijau dengan tangan dan kaki. Bayangkan apa yang seram dari monster seperti itu teman? Tidak sama sekali, tapi bagi yang sudah pernah menonton film “monster university” kalian pasti tau tujuan mike saat ia masih kecil, ya menjadi monster yang bisa menakut nakuti.
Pengalaman waktu kecilah yang menumbuhkan tujuan hidup mike, datang ke sebuah perusahaan penghasil energi yang dibutuhkan oleh negeri moster, energi tersebut mereka dapatkan dengan menakut-nakuti anak kecil. Tugas monster, malam hari datang membuat anak menjerit, seperti mimpi buruk. Menjadi scarer merupakan tujuan mike, karena itu dia belajar dengan giat agar bisa masuk ke monster universty, tempat pencetak monster-monster menakutkan.
Mike tumbuh sebagai monster yang penuh motivasi, tanpa pernah terlalu memikirkan akan kekurangan dan terus tumbuh dengan semangat dan pantang menyerah untuk mencapai mimpinya. Karena semua itu akhirnya mike diterima di monster university jurusan menakut-nakuti, kerja kerasnya selama ini mulai membuahkan hasil, satu per satu tujuan yang menjadi tujuan hidup mike mulai ia dapatkan. Dengan kerja keras, dengan usaha dan tekat baja.

Kenyataan menyakitkan
Berbicara soal kehidupan, banyak memang yang berkata hidup itu tidaklah adil. Semua hanya melihat dari hasil yang diperoleh, bukan dari mana dan dengan cara apa kita mendapatkannya. Itu juga yang di dapatkan oleh mike, usaha kerasnya belajar tidak sebanding, tidak ada harganya di  mata dosen. Seorang Scarer harus mempunyai tampang layaknya seorang monster yang sangat menakutkan, tidak hanya mempunyai pengetahuan tentang hal yang dibutuhkan untuk menjadi Scarer. Yang sangat dibutuhkan oleh mike adalah sebuah pembuktian bahwa ia juga sama pantasnya dengan monster lain, dia juga bisa menjadi Scarer sama seperti yang lain. Karena hal itu dia mengikuti lomba, sebuah kompetisi dimana akan diambil tim yang paling menakutkan sekampus. Motivasi yang sangat kuat menyelubungi mike, ia ingin membuktikan semua yang dipikirkan orang tentang dia salah. Mike bergabung dengan tim ozma kappas, tim yang istilahnya tak pantas juara, yang berisikan monster-monster yang sangat tidak seram. tapi dengan semangat yang ditularkan mike, kerja keras, dan tak kenal putus asa. Ozma kappa si underdog menjadi juara. Kebahagiaan itu tidaklah berlangsung lama, sulley, salah satu tim ozma kappa. Ia berbuat curang, ketakutannya akan mike karena ia salah satu orang yang tidak percaya dengan kemampuan mike. Kesal akan kelakuan sulley,  mike mencari pembuktian sendiri di dalam dunia manusia dengan menakut-nakuti anak manusia asli, bukan sebuah simulator.

Sebuah uluran tangan
Diam-diam mike memasuki ruangan yang terdapat pintu untuk menuju dunia nyata. Dia ingin mencari jawabannya sendiri tentang ketidakpercayaan semua orang akan dirinya yang sangat ingin menjadi seorang Scarer . tapi apa yang dia dapatkan? Ya akhirnya ia mendapatkan jawabannya, dengan matanya sndiri. Ia baru menyadari bahwa anak manusia tidak akan takut jika melihat dirinya, dia memang tidak cocok menjadi Scarer. Karena bingung bukannya lari kedalam dunia monster, mike masuk jauh kedalam hutan agar ia tidak ditangkap oleh manusia dewasa. Tapi sulley berusaha mencari mike ke dalam dunia manusia, ingin minta maaf atas segala kesalahan yang ia telah perbuat. Tapi mike sudah putus asa, semua yang dikatakan semua orang bahkan sulley benar, mike sudah melakukan lebih keras dibandingkan yang lain, tapi itu tidak membuat dia menjadi orang yang istimewa.
Mendengar hal itu, sulley juga menceritakan ketakutannya, dia takut mengecewakan semua orang dengan nama suvillian sang bapak seorang Scarer yang terkenal. Karena itu dia melakukan segala cara bahkan dengan cara curang. Cerita sulley membuat mike sadar, setiap orang tidak ada yang tidak mempunyai masalah, bahkan hal besar saja belum tentu membantu masalah itu selesai, hanya orang yang menyikapi masalah itu secara benar yang dapat menyelesaikannya.
Dan akhirnya mereka mengerti satu sama lain, sekuat apapun orang, kelebihan apapun yang dia punya. Pada dasarnya manusia itu makhluk lemah, selalu butuh bantuan. Kita mungkin bisa menyelesaikan masalah sendirian, tapi akan lebih mudah lagi jika ada seseorang yang membantu kita menyelesaikan masalah tersebut. Mike dan sulley saling membantu untuk keluar dari dunia manusia dengan cara menakut-nakuti orang dewasa walaupun tidak ada monster yang pernah mencoba hal tersebut. Tapi dengan kerja sama mereka dapat melakukan itu, mereka berhasil membuat para orang dewasa ketakutan dan selamat kembali ke dunia monster.

Satu itu tidaklah cukup
Semua yang dilakukan mike dan sulley berdampak buruk bagi mereka, mereka dikeluarkan dari monster university karena memasuki ruangan terlarang tanpa izin. Hal tersebut membuat mereka bingung, bahkan orang yang selalu merencanakan jauh-jauh hari seperti mike tidak pernah terfikir akan ada kejadian seperti ini. Sebelum mereka meninggalkan monster university mike dan sulley bertemu dosen yang dulu merendahkan kemampuan mike wozawski. Tapi kali ini dosen itu berkata lain, mike sudah berhasil mengejutkannya, membantah semua penilaiannya dahulu.
Akhirnya mike ingat sesuatu, selalu ada cara agar bisa bekerja di inc coorporation yaitu menjadi pengirim surat. Ya mereka berdua memulai dari bawah, dari nol. Tapi bukan sembarangan, mereka berdua mempunyai progres, selalu ingin maju, selalu ingin berubah menjadi lebih baik. Target-target yang ingin dicapai selalu bertambah, mereka tidak pernah menolak apapun yang pekerjaan yang diberikan, mencari terus mencari. Selalu menjadi yang terbaik dalam setiap pekerjaan yang dia terima. Terus menanjak keatas dan akhirnya mereka mendapatkan yang mereka inginkan menjadi Scarer.

Bandingkanlah dengan kehidupan, apakah kita sudah mempunyai tujuan hidup yang jelas? Apakah kita sudah berusaha mendapatkan tujuan kita itu? Mike berkerja keras tiada henti karena dia mempunyai tujuan yang jelas, dia mempunyai pegangan. Selalu percaya akan tujuan akhirnya. Tapi ingatlah, cita-cita bukan sebuah konsumsi sendiri. Maksudnya janganlah kita menyembunyikan cita-cita kita, setidak masuk akal cita-cita kita itulah pegangan kita, arah tujuan kita. Ketika tujuan itu sudah terlihat janganlah ragu untuk melangkah, keragu-raguan itu sesungguhnya menyesatkan kita dari jalan yang sesungguhnya. Kita cukup percaya pada tujuan biar yang maha pemberi petunjuk yang akan selalu menunjukkan arah kepada kita. Biarkan semua orang tahu tentang cita-cita kita. Doa akan selalu mengalir untuk keberhasilan meraih cita-cita. Selalu ada bantuan yang diberikan setiap orang yang mengerti akan cita-cita kita. Karena selain kita harus kerja keras kita juga harus kerja cerdas. Memanfaatkan segala bantuan, segala kemungkinan yang membuat progres menuju cita-citamu terus meningkat.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar