RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) STRATIFIKASI SOSIAL
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : XI IPS 2/ 1
Alokasi Waktu : 90 menit ( 2
pertemuan )
Kompetensi Inti :
KI 3 :Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4.... :
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
3.3 Memahami
penerapan prinsip-prinsip kesetaraan dalam menyikapi keberagaman untuk
menciptakan kehidupan harmonis dalam masyarakat
I.
Indikator
·
Menjelaskan makna keragaman dan
kesataraan dalam kehidupan sosial budaya
·
Menjelaskan keberagaman dan kesetaraan
sebagai kekayaan sosial dan budaya bangsa
·
Memahami dan menunjukkan sikap toleransi
dan empati sosial terhadap perbedaan sosial
II.
Materi Ajar
·
Siswa dapat penjelasan tentang hakikat
Stratifikasi Sosial (Lampiran)
·
Siswa dapat menjelaskan penyebab
terbentuknya stratifikasi sosial (Lampiran)
·
Siswa dapat menjelaskan unsur-unsur
stratifikasi sosial (Lampiran)
·
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat
stratifikasi sosial (Lampiran)
·
Siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk
stratifikasi sosial yang ada di masyarakat (Lampiran)
III.
Metode, Media dan Sumber Belajar
Metode
Belajar : Ceramah dan Diskusi
Media : Laptop, proyektor, video dan soal
evaluasi
IV.
Penilaian
Penilaian
otentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif,untuk menilai
mulai dari masukan (input),proses dan keluaran(output) pembelajaran.
·
Penilaian sikap/Afektif (terlampir)
Berkaitan
dengan sikap siswa selama mengikuti pembelajaran.
·
Penilaian keterampilan (terlampir)
Diambil
melalui presentasi
Hasil
diskusi peserta didik dikumpulkan untuk menjadi tugas portofolio.
V.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
A. Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan salam dan peserta
didik menjawab sapaan guru, serta mengondisikan diri siap belajar dengan
menyiapkan buku pegangan sosiologi.
2.
Guru melakukan presensi peserta
didik dengan cara menyebutkan nama teman sebangkunya yang tidak hadir dan
menanyakan sebabnya.
3.
Guru memberikan motivasi ke
peserta didik dengan cara menyanjung peserta didik yang masuk dengan tepat
waktu dan bersemangat.
4.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai Materi
pembelajaran Stratifikasi sosial
5.
Guru menyampaikan pokok-pokok
atau cakupan materi pembelajaran Pengertian Stratifikasi sosial
|
15 menit
|
B. Inti
|
MENGAMATI
Peserta didik diberi tugas untuk
mengamati tindakan masyarakat sekitar kehidupan dan juga informasi-informasi
yang ada di media massa. Guru kemudian memberi kesempatan siswa untuk
membayangkan keadaan tersebut dan dihubungkan kedalam materi tentang Pengertian Stratifikasi
MENANYA
Guru memberikan pancingan pertanyaan
tentang hal apa saja yang dipahami tentang Segala bentuk hirarki kehidupan yang
ada di masyarakat
MEGEKSPERIMEN/MENGEKSPLORASIKAN
Setiap individu berdiskusi dengan
teman sejawatnya untuk mencari contoh nyata berdasarkan Strata atau lapisan
sosial yang ada di Masyarakat
MENGASOSIASIKAN
Setiap kelompok diminta untuk membuat
suatu kata kunci tentang materi yang disajikan oleh guru yang berkaitan
dengan materi Stratifikasi
sosial..
MENGOMUNIKASIKAN
Setiap Individu membuat Kata kunci
tentang materi yang sudah dibahas. .
|
65 menit
|
C. Penutup
|
1.
Guru dan peserta didik menyimpulkan materi dengan membuat kuis
dengan materi diferensiasi dan stratifikasi sosial yang sudah dipelajari.
2.
Peserta didik dapat ditanya
apakah sudah paham materi tersebut.
3.
Peserta didik diberi pertanyaan
secara lisan dan acak untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan dapat
mengena atau tidak.
4.
Guru memberikan umpan balik hasil
evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
5.
Peserta didik diberikan tugas
untuk membaca materi yang akan dibahas dikelas minggu depan dan berdoa.
|
10 menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
B. Pendahuluan
|
6.
Guru memberikan salam dan peserta
didik menjawab sapaan guru, serta mengondisikan diri siap belajar dengan
menyiapkan buku pegangan sosiologi.
7.
Guru melakukan presensi peserta
didik dengan cara menyebutkan nama teman sebangkunya yang tidak hadir dan
menanyakan sebabnya.
8.
Guru memberikan motivasi ke
peserta didik dengan cara menyanjung peserta didik yang masuk dengan tepat
waktu dan bersemangat.
9.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai Materi
pembelajaran Stratifikasi Sosial
10.
Guru menyampaikan pokok-pokok
atau cakupan materi pembelajaran Stratifikasi sosial
|
15 menit
|
B. Inti
|
MENGAMATI
Peserta didik diberi tugas untuk
membaca materi yang ada di buku pegangan siswa dan juga merefleksi apa yang
sudah di ajarkan. Guru kemudian memberi kesempatan siswa untuk membayangkan
keadaan lingkungan masyarakat. Kemudian menghubungkan tentang bentuk bentuk
stratifikasi yang ada di masyarakat.
MENANYA
Guru memberikan pancingan pertanyaan
tentang hal apa saja yang dipahami oleh peserta didik yang berkaitan dengan
materi yang disampaikan.
MEGEKSPERIMEN/MENGEKSPLORASIKAN
Setiap individu menganalisis berita
tentang urbanisasi yang terjadi di masyarakat, kemudian di hubungkan dengan
materi stratifikasi sosial yang sudah di bahas.
MENGASOSIASIKAN
Setiap kelompok diminta untuk membuat
suatu kata kunci tentang materi yang disajikan oleh guru yang berkaitan
dengan materi
Struktur dan diferensiasi sosial..
MENGOMUNIKASIKAN
Setiap Individu membuat Kata kunci
tentang materi yang sudah dibahas. .
|
65 menit
|
D. Penutup
|
6.
Guru dan peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran yang telah
dipelajari.
7.
Peserta didik dapat ditanya
apakah sudah paham materi tersebut.
8.
Peserta didik diberi pertanyaan
secara lisan dan acak untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan dapat
mengena atau tidak.
9.
Guru memberikan umpan balik hasil
evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
10. Peserta
didik diberikan tugas untuk membaca materi yang akan dibahas dikelas minggu
depan dan berdoa.
|
10 menit
|
0 komentar:
Posting Komentar