RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) STRATIFIKASI SOSIAL


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan   : SMA 
Mata Pelajaran         : Sosiologi
Kelas/Semester         : XI IPS 2/ 1
Alokasi Waktu         :  90 menit ( 2 pertemuan )
Kompetensi Inti                    :
KI 3     :Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4.... : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan 
Kompetensi Dasar :
3.3  Memahami penerapan prinsip-prinsip kesetaraan dalam menyikapi keberagaman untuk menciptakan kehidupan harmonis dalam masyarakat
I.             Indikator
·         Menjelaskan makna keragaman dan kesataraan dalam kehidupan sosial budaya
·         Menjelaskan keberagaman dan kesetaraan sebagai kekayaan sosial dan budaya bangsa
·         Memahami dan menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap perbedaan sosial

II.          Materi Ajar
·         Siswa dapat penjelasan tentang hakikat Stratifikasi Sosial (Lampiran)
·         Siswa dapat menjelaskan penyebab terbentuknya stratifikasi sosial (Lampiran)
·         Siswa dapat menjelaskan unsur-unsur stratifikasi sosial (Lampiran)
·         Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat stratifikasi sosial (Lampiran)
·         Siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk stratifikasi sosial yang ada di masyarakat (Lampiran)
III.       Metode, Media dan Sumber Belajar
Metode Belajar  : Ceramah dan Diskusi
Media                 : Laptop, proyektor, video dan soal evaluasi
IV.       Penilaian
Penilaian otentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif,untuk menilai mulai dari masukan (input),proses dan keluaran(output) pembelajaran.
·         Penilaian sikap/Afektif (terlampir)
Berkaitan dengan sikap siswa selama mengikuti pembelajaran.
·         Penilaian keterampilan (terlampir)
Diambil melalui presentasi
Hasil diskusi peserta didik dikumpulkan untuk menjadi tugas portofolio.
V.          Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
A.  Pendahuluan
1.    Guru memberikan salam dan peserta didik menjawab sapaan guru, serta mengondisikan diri siap belajar dengan menyiapkan buku pegangan sosiologi.
2.    Guru melakukan presensi peserta didik dengan cara menyebutkan nama teman sebangkunya yang tidak hadir dan menanyakan sebabnya.
3.    Guru memberikan motivasi ke peserta didik dengan cara menyanjung peserta didik yang masuk dengan tepat waktu dan bersemangat.
4.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai Materi pembelajaran Stratifikasi sosial
5.    Guru menyampaikan pokok-pokok atau cakupan materi pembelajaran Pengertian Stratifikasi sosial
15 menit
B.  Inti
MENGAMATI
Peserta didik diberi tugas untuk mengamati tindakan masyarakat sekitar kehidupan dan juga informasi-informasi yang ada di media massa. Guru kemudian memberi kesempatan siswa untuk membayangkan keadaan tersebut dan dihubungkan kedalam materi tentang  Pengertian Stratifikasi

MENANYA
Guru memberikan pancingan pertanyaan tentang hal apa saja yang dipahami tentang Segala bentuk hirarki kehidupan yang ada di masyarakat

MEGEKSPERIMEN/MENGEKSPLORASIKAN
Setiap individu berdiskusi dengan teman sejawatnya untuk mencari contoh nyata berdasarkan Strata atau lapisan sosial yang ada di Masyarakat

MENGASOSIASIKAN
Setiap kelompok diminta untuk membuat suatu kata kunci tentang materi yang disajikan oleh guru yang berkaitan dengan materi Stratifikasi sosial..

MENGOMUNIKASIKAN
Setiap Individu membuat Kata kunci tentang materi yang sudah dibahas. .
  65 menit





C.  Penutup
1.     Guru dan peserta didik  menyimpulkan materi dengan membuat kuis dengan materi diferensiasi dan stratifikasi sosial yang sudah dipelajari.
2.     Peserta didik dapat ditanya apakah sudah paham materi tersebut.
3.     Peserta didik diberi pertanyaan secara lisan dan acak untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan dapat mengena atau tidak.
4.     Guru memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
5.      Peserta didik diberikan tugas untuk membaca materi yang akan dibahas dikelas minggu depan dan berdoa.

10 menit



Pertemuan 2

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
B.  Pendahuluan
6.    Guru memberikan salam dan peserta didik menjawab sapaan guru, serta mengondisikan diri siap belajar dengan menyiapkan buku pegangan sosiologi.
7.    Guru melakukan presensi peserta didik dengan cara menyebutkan nama teman sebangkunya yang tidak hadir dan menanyakan sebabnya.
8.    Guru memberikan motivasi ke peserta didik dengan cara menyanjung peserta didik yang masuk dengan tepat waktu dan bersemangat.
9.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai Materi pembelajaran Stratifikasi Sosial
10.   Guru menyampaikan pokok-pokok atau cakupan materi pembelajaran Stratifikasi sosial
15 menit
B.  Inti
MENGAMATI
Peserta didik diberi tugas untuk membaca materi yang ada di buku pegangan siswa dan juga merefleksi apa yang sudah di ajarkan. Guru kemudian memberi kesempatan siswa untuk membayangkan keadaan lingkungan masyarakat. Kemudian menghubungkan tentang bentuk bentuk stratifikasi yang ada di masyarakat.

MENANYA
Guru memberikan pancingan pertanyaan tentang hal apa saja yang dipahami oleh peserta didik yang berkaitan dengan materi yang disampaikan.

MEGEKSPERIMEN/MENGEKSPLORASIKAN
Setiap individu menganalisis berita tentang urbanisasi yang terjadi di masyarakat, kemudian di hubungkan dengan materi stratifikasi sosial yang sudah di bahas.

MENGASOSIASIKAN
Setiap kelompok diminta untuk membuat suatu kata kunci tentang materi yang disajikan oleh guru yang berkaitan dengan materi Struktur dan diferensiasi sosial..

MENGOMUNIKASIKAN
Setiap Individu membuat Kata kunci tentang materi yang sudah dibahas. .
  65 menit





D.  Penutup
6.     Guru dan peserta didik  menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari.
7.     Peserta didik dapat ditanya apakah sudah paham materi tersebut.
8.     Peserta didik diberi pertanyaan secara lisan dan acak untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan dapat mengena atau tidak.
9.     Guru memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
10.  Peserta didik diberikan tugas untuk membaca materi yang akan dibahas dikelas minggu depan dan berdoa.

10 menit


Share this:

,

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar