Eclipse Crossword : Belajar Asik dengan Teka-Teki Silang

             Dalam proses pembelajaran di dalam kelas, pengajar memegang peran penting dalam proses pembelajaran. Segala kegiatan yang ada di dalam kelas sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab dari pengajar sehingga tindakan di dalam kelas menjadi sebuah keberhasilan atau kegagalan kelas. Ada permasalahan yang biasanya dimiliki semua guru yaitu keterbatasan-keterbataan yang dimiliki  dalam mengajar, keterbatasan tersebut biasanya akan menjadi  kendala dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pada umumnya guru mengajar menggunakan metode ceramah padahal tidak semua materi bahan ajar cocok disampaikan dengan metode ceramah saja, apa bila seperti itu bisa menjadi salah persepsi atau pemahaman sehingga penyebab tujuan pembelajaran tidak tercapai, guru akan menjadi sasaran aspek yang akan disalahkan. Maka dari itu, variasi-variasi proses pembelajaran menjadi senjata guru dalam memberikan materi ke pada peserta didik. Media biasanya menjadi sarana guru dalam penyampaian materinya.
            Saat ini masih banyak permasalahan yang muncul dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. misalnya peserta didik kurang tertarik dalam pelajaran. Peserta cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Peserta didik merasa bosan untuk belajar dan sebagainya. Permasalahan ini terjadi karena biasanya guru jarang menggunakan media dalam pembelajaran, ceramah menjadi sebuah metode andalan yang digunakan setiap guru. Beberapa guru juga menganggap bahwa membuat media pembelajaran hanyalah membuang waktu dan tenaga. Padahal media menjadi penting dan urgent dalam melakukan pembelajaran.
            Media merupakan sebuah alat yang digunakan guru dalam penyampaian materi pembelajaran, dengan menggunakan media, guru akan terbantu untuk mengkomunikasikan apa yang akan disampaikan kepada murid dan murid akan memahami materi guru tidak terbatas dengan ceramah. Salah satu media pembelajaran yang berguna dalam pembahasan materi adalah teka-teki silang. Teka-teki silang adalah salah satu permainan yang sudah tidak asing bagi kita semua, mulai dari yang muda sampai yang tua pun mengenalnya. Teka-teki silang merupakan sebuah permainan yang cara mainnya yaitu mengisi ruang-ruang kosong yang berbentuk kotak dengan huruf-huruf sehingga membentuk sebuah kata yang sesuai dengan petunjuk. Selain mengisi teka-teki silang atau yang biasa disebut dengan TTS memang sungguh sangat mengasikkan, selain itu juga berguna untuk mengingat kata-kata populer.
            Teka-teki silang atau TTS akan berguna bagi bapak dan ibu guru agar bisa memberikan tugas yang bersifat santai. Sekarang tidak perlu repot untuk membuat teka-teki silang karena ada cara mudah dan cepat membuat TTS dengan menggunakan software EclipseCrossword. Ada cara untuk mendownload dan menginstall software TTS
1. Sebelum membuat TTS tentu harus mendownload aplikasi terlebih dahulu. Software ini gratis dengan ukuran kecil (hanya 572kb) Klik disini
2. Setelah file di download. Maka dilanjutkan dengan menginstall di komputer dengan melakukan double klik.
3. Selanjutnya akan muncul jendela Pop UP silahkan klik Run dalam waktu beberapa menit aplikasi sudah terinstall.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar