RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DIFERENSIASI SOSIAL
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : XI IPS 2/ 1
Alokasi Waktu : 90 menit ( 2x
Pertemuan )
Kompetensi Inti :
KI 3 :Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4.... :
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :
3.3 Memahami
penerapan prinsip-prinsip kesetaraan dalam menyikapi keberagaman untuk
menciptakan kehidupan harmonis dalam masyarakat
I.
Indikator
·
Memahami dan memperdalam keberagaman
dalam kehidupan masyarakat.
·
Memahami dan menumbuhkan kesadaran
individu untuk memiliki tanggung jawab publik dalam ranah perbedaan sosial
·
Memahami dan menunjukkan sikap toleransi
dan empati terhadap perbedaan sosial
II.
Materi Ajar
·
Pengertian Diferensiasi Sosial ( Lampiran )
·
Ciri-ciri yang mendasari Diferensiasi
Sosial ( Lampiran )
·
Bentuk-bentuk Diferensiasi Sosial (Lampiran)
III.
Metode, Media dan Sumber Belajar
Metode
Belajar : Ceramah
Media : Laptop dan Proyektor
IV.
Penilaian
Penilaian
otentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif,untuk menilai
mulai dari masukan (input),proses dan keluaran(output) pembelajaran.
·
Penilaian sikap/Afektif (terlampir)
Berkaitan
dengan sikap siswa selama mengikuti pembelajaran.
·
Penilaian keterampilan (terlampir)
Diambil
melalui presentasi
Hasil
diskusi peserta didik dikumpulkan untuk menjadi tugas portofolio.
V.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
A. Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan salam dan peserta
didik menjawab sapaan guru, serta mengondisikan diri siap belajar dengan
menyiapkan buku pegangan sosiologi.
2.
Guru melakukan presensi peserta
didik dengan cara menyebutkan nama teman sebangkunya yang tidak hadir dan
menanyakan sebabnya.
3.
Guru memberikan motivasi ke
peserta didik dengan cara menyanjung peserta didik yang masuk dengan tepat
waktu dan bersemangat.
4.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai Materi
pembelajaran Diferensiasi Sosial
5.
Guru menyampaikan pokok-pokok
atau cakupan materi pembelajaran Diferensiasi Sosial.
|
15 menit
|
B. Inti
|
MENGAMATI
Peserta didik diberi tugas untuk
mengamati tindakan masyarakat sekitar kehidupan dan juga informasi-informasi
yang ada di media massa. Guru kemudian memberi kesempatan siswa untuk
membayangkan keadaan tersebut dan dihubungkan kedalam materi tentang
diferensiasi sosial
MENANYA
Guru memberikan pancingan pertanyaan
tentang hal apa saja yang dipahami tentang perbedaan-perbedaan sosial yang
ada di masyarakat sekitar berdasarkan contoh nyata.
MEGEKSPERIMEN/MENGEKSPLORASIKAN
Setiap individu berdiskusi dengan
teman sejawatnya untuk mencari contoh nyata berdasarkan ciri-ciri dalam
memandang diferensiasi sosial
MENGASOSIASIKAN
Setiap kelompok diminta untuk membuat
suatu kata kunci tentang materi yang disajikan oleh guru yang berkaitan
dengan materi
diferensiasi sosial..
MENGOMUNIKASIKAN
Setiap Individu membuat Kata kunci
tentang materi yang sudah dibahas. .
|
65 menit
|
C. Penutup
|
1.
Guru dan peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran yang telah
dipelajari.
2.
Peserta didik dapat ditanya
apakah sudah paham materi tersebut.
3.
Peserta didik diberi pertanyaan
secara lisan dan acak untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan dapat
mengena atau tidak.
4.
Guru memberikan umpan balik hasil
evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
5.
Peserta didik diberikan tugas
untuk membaca materi yang akan dibahas dikelas minggu depan dan berdoa.
|
10 menit
|
Pertemuan kedua
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
B. Pendahuluan
|
6.
Guru memberikan salam dan peserta
didik menjawab sapaan guru, serta mengondisikan diri siap belajar dengan
menyiapkan buku pegangan sosiologi.
7.
Guru melakukan presensi peserta
didik dengan cara menyebutkan nama teman sebangkunya yang tidak hadir dan
menanyakan sebabnya.
8.
Guru memberikan motivasi ke
peserta didik dengan cara menyanjung peserta didik yang masuk dengan tepat
waktu dan bersemangat.
9.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai Materi
pembelajaran bentuk-bentuk Diferensiasi Sosial
10.
Guru menyampaikan pokok-pokok
atau cakupan materi pembelajaran bentuk-bentuk Diferensiasi Sosial.
|
15 menit
|
B. Inti
|
MENGAMATI
Peserta didik diberi tugas untuk
mengamati sebuah gambar peta indonesia yang telah digambar, kemudian peserta
didik di minta untuk membayangkan bagaimana beragamnya masyarakat indonesia
di berbagai daerah dan memberikan contoh tentang perbedaan-perbedaan budaya
yang ada di wilayah indonesia.
MENANYA
Guru memberikan pancingan pertanyaan
tentang hal apa saja yang dipahami tentang perbedaan-perbedaan sosial yang
ada di masyarakat sekitar berdasarkan contoh nyata.
MEGEKSPERIMEN/MENGEKSPLORASIKAN
Setiap individu berdiskusi dengan
teman sejawatnya untuk mencari contoh nyata berdasarkan ciri-ciri dalam
memandang diferensiasi sosial
MENGASOSIASIKAN
Setiap kelompok diminta untuk membuat
sebuah resume tentang materi yang sudah dibahas
MENGOMUNIKASIKAN
Setiap Individu membuat Kata kunci
tentang materi yang sudah dibahas. .
|
65 menit
|
D. Penutup
|
6.
Guru dan peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran yang telah
dipelajari.
7.
Peserta didik dapat ditanya
apakah sudah paham materi tersebut.
8.
Peserta didik diberi pertanyaan
secara lisan dan acak untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan dapat
mengena atau tidak.
9.
Guru memberikan umpan balik hasil
evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
10. Peserta
didik diberikan tugas untuk membuat makalah tentang bentuk-bentuk
diferensiasi sosial.
|
10 menit
|
0 komentar:
Posting Komentar