RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DIFERENSIASI SOSIAL


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan   : SMA
Mata Pelajaran         : Sosiologi
Kelas/Semester         : XI IPS 2/ 1
Alokasi Waktu         :  90 menit ( 2x Pertemuan )
Kompetensi Inti                    :
KI 3     :Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4.... : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar    :
3.3  Memahami penerapan prinsip-prinsip kesetaraan dalam menyikapi keberagaman untuk menciptakan kehidupan harmonis dalam masyarakat
I.             Indikator
·         Memahami dan memperdalam keberagaman dalam kehidupan masyarakat.
·         Memahami dan menumbuhkan kesadaran individu untuk memiliki tanggung jawab publik dalam ranah perbedaan sosial
·         Memahami dan menunjukkan sikap toleransi dan empati terhadap perbedaan sosial


II.          Materi Ajar
·         Pengertian Diferensiasi Sosial ( Lampiran )
·         Ciri-ciri yang mendasari Diferensiasi Sosial ( Lampiran )
·         Bentuk-bentuk Diferensiasi Sosial (Lampiran)
III.       Metode, Media dan Sumber Belajar
Metode Belajar  : Ceramah
Media                 : Laptop dan Proyektor
IV.       Penilaian
Penilaian otentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif,untuk menilai mulai dari masukan (input),proses dan keluaran(output) pembelajaran.
·         Penilaian sikap/Afektif (terlampir)
Berkaitan dengan sikap siswa selama mengikuti pembelajaran.
·         Penilaian keterampilan (terlampir)
Diambil melalui presentasi
Hasil diskusi peserta didik dikumpulkan untuk menjadi tugas portofolio.
V.          Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
A.  Pendahuluan
1.    Guru memberikan salam dan peserta didik menjawab sapaan guru, serta mengondisikan diri siap belajar dengan menyiapkan buku pegangan sosiologi.
2.    Guru melakukan presensi peserta didik dengan cara menyebutkan nama teman sebangkunya yang tidak hadir dan menanyakan sebabnya.
3.    Guru memberikan motivasi ke peserta didik dengan cara menyanjung peserta didik yang masuk dengan tepat waktu dan bersemangat.
4.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai Materi pembelajaran Diferensiasi Sosial
5.    Guru menyampaikan pokok-pokok atau cakupan materi pembelajaran Diferensiasi Sosial.
15 menit
B.  Inti
MENGAMATI
Peserta didik diberi tugas untuk mengamati tindakan masyarakat sekitar kehidupan dan juga informasi-informasi yang ada di media massa. Guru kemudian memberi kesempatan siswa untuk membayangkan keadaan tersebut dan dihubungkan kedalam materi tentang diferensiasi sosial

MENANYA
Guru memberikan pancingan pertanyaan tentang hal apa saja yang dipahami tentang perbedaan-perbedaan sosial yang ada di masyarakat sekitar berdasarkan contoh nyata.

MEGEKSPERIMEN/MENGEKSPLORASIKAN
Setiap individu berdiskusi dengan teman sejawatnya untuk mencari contoh nyata berdasarkan ciri-ciri dalam memandang diferensiasi sosial

MENGASOSIASIKAN
Setiap kelompok diminta untuk membuat suatu kata kunci tentang materi yang disajikan oleh guru yang berkaitan dengan materi diferensiasi sosial..

MENGOMUNIKASIKAN
Setiap Individu membuat Kata kunci tentang materi yang sudah dibahas. .
  65 menit





C.  Penutup
1.     Guru dan peserta didik  menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari.
2.     Peserta didik dapat ditanya apakah sudah paham materi tersebut.
3.     Peserta didik diberi pertanyaan secara lisan dan acak untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan dapat mengena atau tidak.
4.     Guru memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
5.      Peserta didik diberikan tugas untuk membaca materi yang akan dibahas dikelas minggu depan dan berdoa.

10 menit



Pertemuan kedua

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
B.  Pendahuluan
6.    Guru memberikan salam dan peserta didik menjawab sapaan guru, serta mengondisikan diri siap belajar dengan menyiapkan buku pegangan sosiologi.
7.    Guru melakukan presensi peserta didik dengan cara menyebutkan nama teman sebangkunya yang tidak hadir dan menanyakan sebabnya.
8.    Guru memberikan motivasi ke peserta didik dengan cara menyanjung peserta didik yang masuk dengan tepat waktu dan bersemangat.
9.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai Materi pembelajaran bentuk-bentuk Diferensiasi Sosial
10.   Guru menyampaikan pokok-pokok atau cakupan materi pembelajaran bentuk-bentuk Diferensiasi Sosial.
15 menit
B.  Inti
MENGAMATI
Peserta didik diberi tugas untuk mengamati sebuah gambar peta indonesia yang telah digambar, kemudian peserta didik di minta untuk membayangkan bagaimana beragamnya masyarakat indonesia di berbagai daerah dan memberikan contoh tentang perbedaan-perbedaan budaya yang ada di wilayah indonesia.

MENANYA
Guru memberikan pancingan pertanyaan tentang hal apa saja yang dipahami tentang perbedaan-perbedaan sosial yang ada di masyarakat sekitar berdasarkan contoh nyata.

MEGEKSPERIMEN/MENGEKSPLORASIKAN
Setiap individu berdiskusi dengan teman sejawatnya untuk mencari contoh nyata berdasarkan ciri-ciri dalam memandang diferensiasi sosial

MENGASOSIASIKAN
Setiap kelompok diminta untuk membuat sebuah resume tentang materi yang sudah dibahas

MENGOMUNIKASIKAN
Setiap Individu membuat Kata kunci tentang materi yang sudah dibahas. .
  65 menit





D.  Penutup
6.     Guru dan peserta didik  menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari.
7.     Peserta didik dapat ditanya apakah sudah paham materi tersebut.
8.     Peserta didik diberi pertanyaan secara lisan dan acak untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan dapat mengena atau tidak.
9.     Guru memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
10.  Peserta didik diberikan tugas untuk membuat makalah tentang bentuk-bentuk diferensiasi sosial.

10 menit


Share this:

,

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar