Jalan Pilihan Seorang Mahasiswa

Akhirnya serangkaian penerimaan mahasiswa baru telah selesai. Baik dari ritual sambut mahasiswa baru saat registrasi on desk, sampai 3 hari puncak dalam acara Orientasi Mahasiswa Baru (OSMARU). Ini semua merupakan sebuah awal perjalanan kalian para Mahasiswa yang digadang-gadang akan meneruskan roda-roda kehidupan yang ada di dunia ini. Banyak doa yang di alamatkan kepada kalian supaya menjadi seorang sosok yang sangat berpengaruh di dunia ini. OSMARU merupakan sebuah gerbang pertama buat kamu mahasiswa baru untuk mengenal seluk beluk kampus tercinta. Baik dari fasilitas yang disediakan, sistem akademik, birokrasi kampus, dan banyak sekali Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di kampus yang sangat sayang untuk di lewatkan. Dengan mengetahui semua itu, diharapkan kalian menjadi seorang “mahasiswa sesungguhnya”, dimana kalian menjadi sebuah solusi dari masalah, sebuah kebanggaan, dan sebuah sosok yang menginspirasi banyak orang.




“Semangat” merupakan sebuah kata yang harus kalian pegang erat-erat ketika kalian masuk kedalam sebuah laboratorium kehidupan yang bisa disebut kampus. Mungkin kata “Semangat” itu pula yang harusnya kakak tingkat kalian perlihatkan dan bagikan kepada kalian para mahasiswa baru. Kalian tahu kenapa? Semangat ini lah yang akan membuat mata kalian terus terbuka, melihat semua fasilitas yang nantinya akan kalian manfaatkan, melihat semua kesempatan yang nantinya akan kalian ambil. Semangat pula yang diharapkan akan membuat kalian terus bergerak. Semangat pula yang akan membuat kalian para mahasiswa baru memiliki pandangan tentang Tujuan hidup, pandangan tentang apa yang akan kamu lakukan dalam labolatorium kehidupan ini. Karena sebagai siswa yang memiliki kasta tertinggi, kalian akan dibebankan dengan banyak hal dipundak kalian. Mahasiswa sebagai agent of change, Mahasiswa sebagai Iron stock dan banyak lagi yang akan disematkan masyarakat kepada kalian. Untuk itulah kalian harus memanfaatkan moment penting ini, kalian merupakan orang terpilih yang diberikan kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi dibandingkan orang lain. Mencari sesuatu di tempat yang semua orang belum tentu bisa memasukinya.

Kalian bisa mengeksplore bakat, pengetahuan, dan juga hobi kalian di dalam kampus. Mau belajar menulis, menjadi reporter, aktivis dakwah, trainer motivasi, atlet, musisi, aktor, sinden, pemerintahan mahasiswa, atau apapun yang kamu inginkan semua di wadahi oleh Unit Kegiatan Mahasiswa. Dengan mengikuti UKM, Kalian bisa belajar melakukan “hal lain” di luar aktifitas kalian di dalam kelas, ataupun menambah pemahaman tentang ilmu kalian di dalam kelas. Selain UKM ada lembaga atau komunitas baik di dalam atau luar kampus yang memiliki niat untuk membantu sesama, mengajar anak-anak kurang beruntung atau kegiatan sosial lainnya yang mungkin akan menarik minat kalian. Menjadi seorang volunter mungkin juga sebuah passion yang dimiliki banyak mahasiswa yang tentunya akan mendapatkan pemahaman baik tentang kehidupan. Tidak sedikit pula mahasiswa yang memilih menjadi interpreneur, berjualan via online, hanya mau melakukan semua kegiatan yang menguntungkan. Atau kalian merupakan orang yang sangat terobsesi dengan ilmu pengetahuan, balajar paling rajin, lulus cepat dengan nilai cumlaude. Sungguh di labolatorium kehidupan ini kalian bisa melakukan apapun yang kalian inginkan. Bahkan ketika kalian tidak ingin melakukan apapun tidak ada yang melarangnya (tapi ini pilihan yang konyol).


Tidak bisa dipungkiri, setelah kalian menanggalkan jabatan kalian sebagai mahasiswa, keilmuan yang selama 4 tahun kalian pelajari sepertinya tidak cukup untuk “bertahan hidup”. Pasti akan banyak yang menanyakan skill khusus yang kalian punya dan kalian latih selama di kampus. Gelar S-1 kalian mungkin hanya akan berguna untuk menyingkirkan saingan kalian yang memiliki pendidikan lebih rendah dari kalian. Tapi, belum tentu ketika kalian tidak memiliki hal spesial yang bisa kalian banggakan. Disinilah pentingnya kalian mengasah kemampuan kalian selama kalian berjibaku untuk mendapatkan gelar S-1. Tidak hanya ilmu “khusus” yang harus kalian kuasai, ilmu-ilmu “umum” lainnya juga menjadi penting. selain itu Soft skill menjadi hal yang krusial dimiliki oleh mahasiswa fresh graduate.


Disinilah pemahaman, pengetahuan, dan pola fikir kalian menjadi sangat dibutuhkan. Disinilah kalian harus tahu bahwa kuliah tidak sekedar melakukan aktivitas di dalam kelas, ngerjakan tugas, kelompokan, skripsi dan akhirnya lulus. Sama seperti makan, nasi saja tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh kalian. Untuk tetap prima, asupan-asupan dengan ‘gizi tinggi’ harus kalian konsumsi. Yuk tentukan pilihanmu, pilihlah jalan yang kamu rasa ‘harus’ kamu lewati untuk mendapatkan semua cita-cita dan keinginanmu dan jadilah seperti mahasiswa yang dibayangkan oleh banyak orang 

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar