Berfikir gila*

Dalam tulisan ini, saya tidak akan mengajarkan bagaimana menjadi orang gila, atau belajar cara berfikirnya orang gila, kenapa saya memberi judul “berfikir gila” ? gila disini maksudnya kita berfikir tinggi, berfikir agak sedikit tidak rasional, walaupun istilahnya hampir tidak ada yang bisa melakukan ini, bukan berarti kita tidak bisa melakukannya. Nah disini saya akan sedikit berbagi, bagaimana kita hidup dengan fikiran-fikiran gila, fikiran-fikiran yang kita yakini seorang, walaupun orang yang mendengarkan fikiran ini bisa tertawa terpingkal-pingkal, ataupun menggeleng-geleng atau entahalah respon apa yang orang lain berikan, meskipun begitu kita harus tetap mempercayainya, tetap yakin dengan fikiran kita, hidup dalam fikiran gila, dan terus berusaha untuk mewujudkannya.

Bapak mario teguh, mungkin jika kalian semua mendengar nama beliau banyak yang sudah kenal, atau mungkin sudah bertemu. Beliau adalah seorang motivator handal dan kebetulan saya penggemar beliau. Sebagai penggemar saya bukan berarti ingin membagus-baguskan pak mario teguh, walaupun nyatanya sudah bagus J, dalam acara mario teguh Golden ways beliau berbagi dengan semua orang tentang semua hal, bagaimana berurusan dengan cinta, menghadapi masalah, takut sama bos, cara mendapatkan nilai bagus, menjadi pribadi yang baik dan lain-lain. Mengeluarkan semua mantra-mantra ajaibnya, menyadarkan semua orang yang mendengarkan dan terkadang dalam beberapa episodenya, saya merasa seperti ditampar bolak-balik untuk menyuruh saya cepat sadar dari mimpi buruk. Positif, positif, dan positif. Itulah motivasi terpenting dalam setiap episode acara mario teguh Golden ways dan membuat banyak orang takjub mendengarkan.

Mungkin, tidak semua yang takjub mendengar mantra-mantra ajaib dari seorang motivator. Ada yang bahkan mencela semua kata-kata itu, menampik kebeneran dari semuanya dan berkata “hidup itu tak semudah perkataannya”. “apa dia tau rasa sakit yang saya rasakan? Kenapa dia berkata seolah hidup itu mudah”. Dan memang itu kenyataannya, banyak orang yang lebih meratapi kehidupannya yang mereka anggap tidak adil bagi mereka, dibiarkan miskin sepanjang hidupnya, hidup dalam kesakitan dan macam-macam hal yang merendahkan hidupnya sendiri. Ketika kita berfikiran hidup itu sulit, jelas sekali. Tapi bukankah sudah banyak orang yang menjalani kesulitannya dengan mudah, hanya saja kebanyakan orang beorientasi kepada kesulitan, meratap akan kesusahan yang dia hadapi. ahhh tidak akan ada akhirnya jika semua itu dijabarkan.

Walaupun sebenarnya tuhan tidak akan memberikan kita kesulitan yang melebihi kemampuan kita dalam menghadapi kesulitan itu. Dari situlah kita harusnya memahami bahwa kita memiliki kekuatan yang kita miliki dalam menghadapi semua masalah yang  kita hadapi, kalian hanya harus meresapi yang satu itu dulu. Terkadang manusia juga memiliki kemampuan yang terpendam dan sewaktu-waktu akan keluar dengan sendirinya, bahkan jika kita tidak mempercayai yang satu itu, kalau kita sendiri saja tidak mempercayai kemampuan yang kita miliki bagaimana dengan orang lain? So, pusatkan fikiranmu pada hal itu, pusatkan fikiranmu bahwa kamu adalah orang yang mempunyai kemampuan dalam menghadapi kehidupanmu sendiri, bahwa tuhan tidak akan menguji aku dengan masalah yang bahkan tidak akan pernah aku selesaikan.

Lalu apa hubungannya dengan berfikir gila ? nah sekarang begini, banyak orang yang senang meratapi ketidakmampuannya, terlalu takut dalam bertidak, tidak berani unjuk gigi. Apakah ada fikiran-fikiran gila yang terlintas dalam benaknya? Apakah dia akan berfikir ingin melakukan hal yang bisa dikatakan  “impossible” untuk dia lakukan? Saya fikir tidak, bagaimana bisa orang yang bahkan tidak percaya pada dirinya bisa memikirkan hal-hal gila dikepalanya.

J.F Kennedy, seorang presiden amerika serikat. Mungkin kalian semua pernah mendengar nama itu. Amerika dalam masa jabatan beliau pernah melakukan ekspedisi ke bulan, menerbangkan pesawat luar angkasa dengan awak manusia. Banyak orang yang tidak terlalu yakin dengan hal tersebut. Namun sang presiden menampik kegelisahan itu dengan berkata “We choose to go to the moon, not because they are easy, but because they are hard”. Kata-kata yang menunjukkan ambisi yang kuat, pergi ke bulan yang merupakan hal yang sulit malah menjadi sebuah tujuan utama, tidak banyak orang pada tahun tersebut memikirkan hal-hal yang gila, hal-hal yang orang biasa mustahil untuk dilakukan. Justru J.F Kennedy membuat itu sebagai goal dalam kehidupannya. Hal tersebut pada tahun 20 juli 1969 menjadi kenyataan ketika Neil Amstrong menapakan kakinya ke bulan. Karena pada tahun 1963 J.F Kennedy mati tertembak di texas, beliau tidak bisa melihat goal menjadi kenyataan.

Di salah satu bagian dinding planet hollywood cafe di New York, terpasang secarik kertas lusuh tulisan tangan Bruce Lee dengan dibubuhi tempel secret. Bruce Lee terkenal luas sebagai aktor kungfu legendaris dunia yang belum ada mengalahkan ketenarannya hingga hari ini. Di kertas tertanggal 9 januari 1970 tersebut, tulisan tangan Bruce Lee berbunyi, “ Pada tahun 1980, saya akan menjadi aktor mandarin paling terkenal di Amerika dan memiliki tabungan US$10 juta. Sebagai bayaran atas kehebatan saya berakting film, dan saya akan hidup dalam suasana damai dan haromonis “ Bruce Lee bermain tiga film, dan salah satu filmnya Enter The Dragon menjadi film kungfu paling laris sepanjang masa. Film itu dibuat pada tahun 1973, tahun yang sama ketika Bruce Lee meninggal diusia 33 tahun. Lihatlah bagaimana Bruce Lee berfikiran yang tidak masuk akal, seseorang yang bukan siapa-siapa berfikir mempunyai US$ 10 juta di dalam tabungannya. Bisa jadi hal tersebut merupakan hal yang mustahil bagi kebanyakan orang. Tapi lihatlah Bruce Lee, fikirannya mengubah segalanya.

And now, adakah dari anda semua yang mempunyai fikiran-fikiran tidak masuk akal seperti kedua tokoh diatas?


Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar